Kerang Saus Manis Pedas Gurih

Standard

Mulai senin kemarin di rumah yg biasanya catering buat siang, dah ga ada lagi. Katanya sih si pemilik catering dah ga sempet. Biasanya catering siang itu masih lebih bisa buat makan malam. Jadi mertua tinggal tambah sayur dikit udah cukup. Nah sekarang tiap hari mertua mesti masak, padahal dia tuh ngakunya ga hobby, jadi bisa di bayangkan menu kita sekeluarga ke depannya kayak gimana?sad

Nah malam ini pulang kerja saya liat menu di meja tuh cuma oyong di cah aja. Saya ingat saya masih punya kerang yg titip nyokap hari minggu kemarin. Ah olah kerang dah, padahal sudah jam 7 loh perut sudah keroncongan, tapi kepingin yah dijalanin dah. smile Ngubek dulu di lemari buku cari-cari resep kerang, ketemu resep kerang yg dulu pernah masak. Judulnya Kerang Saus Asam Manis, tapi dari dulu saya buat ga pernah ikutin resep ini soalnya pake jeruk nipis, jadi rasanya bisa asam, dan jeruk nipis itu jarang banget ada persediaan untuk acara mendadak gini. Jadinya menunya saya modifikasi.wink

Karena ga original lagi makanya resepnya saya namain sendiri jadi “Kerang Saus Manis Pedas Gurih”. Nah resepnya seperti ini :

Bahan :
– 1 kg Kerang hijau rebus kupas isi.
– 1 batang serai
– 1 ruas jahe di keprek
– 1 ruas lengkuas di keprek
– 4 Cabe Merah Keriting Iris kecil-kecil
– 3 Siung Bawang Putih cingcang halus
– 1 butir telur kocok lepas
– Tepung Maizena secukupnya larutkan dengan air
– Kecap ikan Secukupnya
– Arak Beras Secukupnya
– Merica bubuk Secukupnya
– Garam Secukupnya
– Minyak untuk menumis
– Air Secukupnya
– Kaldu (Lebih bagus pake kaldu ikan kalo ada)

Cara Membuat :
– Panaskan Minyak di Wajan, masukkan bawang putih masak sampai harum.
– Masukkan cabe, serai, lengkuas dan jahe. Aduk sebentar. Tambahkan Air. Masak sampai mendidih.
– Masukkan kerang sambil di aduk biar rata, beri kaldu, kecap ikan, arak beras, garam, dan merica. Masak sampai mendidih. (Semua bumbu sesuai selera)
– Setelah mendidih, angkat jahe, lengkuas dan serai masukkan telor kocok sambil di aduk biar tercampur rata.
– Setelah rata masukkan larutan tepung maizena, sambil diaduk sampai rata. Didihkan sebentar, lalu matikan api.
– Angkat dan sajikan.

ps : – Bumbu tidak saya rinci karena itu sesuai selera
– Gurih disini di dapat dengan di masukkan telur kocok dalam masakan
– Kekentalan yg di dapat dari larutan tepung maizena juga sesuai selera, soalnya suami saya kurang begitu suka yg terlalu kental

Hasilnya, suami saya makan sampai nambah nasi dan kerang yg 1 kg tinggal seporsi kecil. Kuah yg dihasilkan sungguh cocok sebagai lauk nasi. Rasanya manis pedas gurih. Penampilan memang tidak begitu menarik, tapi soal rasa jangan ditanya lagi. biggrin Ini salah satu makanan favorit suami, kerang.

In English

Starting last monday at home we didn’t ordered catering for lunch again. Heard that the owner didn’t have time for delivering. Usually that food always more for dinner. So my mother in law only cook 1 kind of food is enough. Because of that now my mother in law must cook everyday, although she always said she isn’t hobby, imagine how our menu for the next future. sad

Tonight after I coming home from work, I see She is only cook saute squashlike vegetable. I remember I still have Green Clamps that my mother bought last sunday. Ah I want to made this, although it was already 7 o’clock and get hunger also, but I intend to cook Clamps so I made it.smile First I check my cupboard searching for Clamps Recipe, found the recipe that I used cook before. It call Clamp with Sweet and Sour Sauce, but every time I cook this recipe, I never used small orange cause it can be so sour, by the way we didn’t have small orange stock for emergency use. So I modification the menu. wink

Cause is not the original menu, so I name it “Hot Sweet n Salty Crisp Sauce Clamps”.
The result my hubby eat twice, and 1 Kilo clamps is only left a little bowl like in the picture. The sauce was delicious. The look is not good enough but the taste is very good.
biggrin Clamps, was my hubby favourite menu.

PS : If anyone read this and want the recipe in english you can contact me, I’ll be happy to help you. biggrin

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s