Pempek Lagi

Standard

Lagi? hahaha abis yg kemarin buat belum sukses sih! Kali ini nyontek resep Eny, soalnya nih resep dah dicoba ama dua orang, yg punya resep sama si Elsiey. Mumpung dapet ikan gratisan dari temen, tapi bukan tenggiri namanya ikan lamadan ikan air laut.

Hasilnya memang ga seenak tenggiri rasanya tapi tetep lumayan, bentuk dah mirip banget. Resep Eny memang tokcer jadi seneng dah bisa bikin pempek.

Bahan :
1 kg daging ikan tenggiri (caranya, ikan di filet, trus kerok dagingnya pake sendok dari atas ke bawah)
1 bulat besar bawang putih
1 kg tepung sagu tani (supaya hasilnya lebih bagus)
2 sdm tepung terigu
bubur (ambil secentong kecil nasi, kasih air panas, trus masak deh jadi bubur)
santan secukupnya (kalo pake kara 1/3 kotak aja)
air secukupnya
garam, gula, penyedap secukupnya
daun bawang bila suka, iris halus

Bahan kuah Cuka :
1/2 kg gula merah, disisir
500 cc air boleh lebih
garam + gula pasir secukupnya
cabe merah + bawang putih, haluskan
cuka secukupnya

Cara membuat :
1. Blender daging ikan tenggiri + garam, gula, penyedap + bawang putih dengan air atau santan secukupnya. Pokoknya yang penting blendernya bisa jalan aja. Sampe halus. Blendernya jangan sekaligus. kasian kerja si blender terlalu berat ntar cepet rusak. kalo yg punya food processor lebih bagus.
2. taro hasil blenderan ikan di baskom agak besar, lakukan blender ikan sampe habis.
3. Blender juga bubur sampe halus, tuang ke adonan ikan.
4. masukan 2 sdm terigu dan 3/4 bagian tepung sagu ke dalam adonan ikan.
5. Aduk pake tangan, sampe rata. Tambahkan daun bawang kalo suka
6. Tambahin sisa tepung sagu sedikit demi sampe dirasa cukup. Kalo dipencet antara genggaman tangan sama jari jempol bisa keluar bulat gitu.
7. Harusnya sementara bikin adonan ikan rebus juga sepanci besar air.
8. Masukan 2 sdm minyak goreng + 1 sdt garam ke dalam air rebusan supaya nanti mpek2 ga saling nempel dan rasanya ga jadi tawar.
9. Mulai buat bulatan mpek2 dengan cara mengeluarkan adonan antara jari tangan dengan telunjuk (pake tangan kiri)
10. Begitu keluar bulatan, sendok pake tangan kanan, n clupin ke air rebusan.
11. Lakukan terus sampe adonan habis.
12. Jangan lupa sesekali aduk mpek2 dalam air rebusan.
13. Kalo dia udah ngapung agak lama, angkat, berarti udah mateng.
14. Tiriskan.
15. Mpek-mpek siap dimakan, kalo mau lebih enak digoreng dulu.

Kuah Cuka :
Rebus gula + air sampe mendidih, masukan garam + gula, cabe & bawang halus, didihkan sebentar lagi. Matikan api. Saring. Taro di wadah plastik. Masukkin cuka sampe komposisi rasanya manteep. (PS: Tambah Ebi tumbuk lebih mantap lagi)

12 responses »

  1. >Liz, kuahnya ya, gue ga pake cuka. Gue pake air asem, kalo ternyata kurang asem, baru gue pakein cuka sedikit. Kan cuka merusak gigi. hehe.. Terus gue juga pake tongcai di kuahnya. Jadi tongcai, bawang putih, ebi kering, cabe, gue blender bareng sama air asem. Sabtu kemaren gue ngirim pempek ke temen gue si Dede tuh. Gue kirim 6 potong. gilak, diabisin sendiri. Lakinya kagak disisain. Istri yang sadis. :p

  2. >Hahaha kuah g pake cuka, tongcai malah lupa maklum yg bikin pembantu g.Wah berarti pempek2 lu enak donk, sampai temen lu ga rela berbagi? kapan nih kiriman ke glodok?

  3. >hehehe, congrats ya. Gua juga baru kemarin bikin lagi. Maklumlah, di rumah semua pecinta empek-empek. Gua bikin ikan sekilo, jadinya 2 baskom kecil. Abis ludes, plus bagi tetangga. hehehe

  4. >@ Eny Rajin bener lu dah bumil masih bikin2, mau donk jadi tetangga lu… Ga neg yak n ga mual2 yak asik donk.@ Ching gampang minta Lc aja buatin pasti mau@ Kartika iya tapi enak boleh coba dah resepnya

  5. >hihi… udah ketebak jelas ya, kalo soal bikin makanan, asal diminta, pasti gue bikinin??Heran yah, kayanya gue ini kena penyakit aneh. Ga tahu kenapa, kalo ada orang pengen makan apaaa gitu dan ga bisa bikin, gue rasanya kasiannnnn banget dan pasti langsung gue bikinin kalo ada kesempatan. Makanya nih, bikin temen2 gue jadi kurang ajar. Asal mo liburan, pasti dah pada nongol numpang makan. Hihi.. Apalagi si Linda tuh, temen kantor gue. Asal kalo Sabtu, gue kirimin MMS gambar makanan, langsung dah jam 1 siang, pasti nongol di rumah gua, bawa anaknya. Hahaha.. Tapi gue seneng sih.

  6. >Olala… pempek!! YUmMIE!!!Gile gw tuh ngefans ma pempek… mau dong nyobain.Bisa dikirim lewat attachtment gak yah… ahahha…*gambarnya doang* rasanya gak nyampe dah.Hiks hiks…Salam kenal ya bu…

  7. >@ Patzie salam kenal juga….btw dah pernah denger dari LC sih.Minta LC aja bikinin kan dia pasti rajin tuh…:)@ LC tuh kan dah ada 2 korban lagi….+ g jadi 3 hahaha kapan nih jadinya pesta pempek2nya?

Leave a Reply

