RGC #2: Sweet BBQ Chicken Drumettes

Standard

Resep pilihan KD kali ini menggunakan sayap ayam bagian yg mirip drum stick. Cara memasaknya pun mudah, cukup campur semua bumbu lalu masukkan ayamnya kemudian dipanggang.

Rasanya manis sesuai judulnya, tapi si kembar doyan ☺ . Sampai minta nambah waktu makan dinner tadi. Suami dan anggota keluarga lain jg suka, hanya saja kemanisan dikit. Mungkin lain kali ga usah pakai gula cukup madu aja.

Resepnya dapat dilihat disini.
Bahan:
– 15 bh sayap ayam drumettes
– 4 sdm saus tomat botol
– 3 sdm air untuk mengencerkan saus tomat
– 1 sdm kecap inggris
– 1 sdm cuka apel
– 2 sdm madu
– 2 sdm gula halus (tapi baiknya dikurangi)
– 2 sdm arak masak
– 1 sdt kaldu jamur (dirumah pake ini)
– garam dan lada secukupnya
– basil dan oregano secukupnya (Ini tambahan soalnya sayang jrg dipake bahannya)

Cara:
1. Campur semua bahan kecuali ayam lalu aduk hingga rata. Sisihkan 1/2 utk merendam ayam, sisanya utk yg sudah matang.
2. Masukkan ayam ke bumbu rendaman aduk2.
3. Siapkan pan diatas kompor dengan api sedang/besar, masak ayam beserta bumbu rendaman hingga bumbu mengental. Lalu angkat. (Ini step tambahan supaya bumbu meresap ke dalam ayam)
4. Panaskan oven 230°C, alasi baking sheets dgn aluminium foil.
5. Letakan drumettes di baking sheets, siram dengan saus masaknya.
6. Panggang ayam sampai kecoklat2an matang, 30-35 menit. balik sisinya, siram dengan ½ dr bumbu sisa. Setelah matang angkat dan siram dengan bumbu sisanya.
‎​

Chicken drumettesnya enak dimakan begitu aja ga usah cocol saus cabe lagi. Apalagi bareng nasi panas2 ☺.

Ps: Anehnya rasa asam saus tomatnya ga berasa loh, padahal waktu icip campuran bumbunya rasanya asam banget.
Liza Marlina

8 responses »

  1. >iyaaa bener2 emang manis ya ini, makanya kudu dikurangin gulanya tuwh. Perasaan yahhh ayam gue doang yang kering yah, apa karena gue waktu ngerendem tuh ga ngerendem smua, cuma dicemplungin trus kayak dioles2 gitu yakkk? hoohohoho….agak2 aneh nih ayam gue :))

  2. >@ Ching iya manis, tapi enak sih…. g bikin 20 an dah n dah ludes hehehe@ Belzy resep asli aja judulnya sweet juga hahaha. G juga sempet heran liat ayam lu kirain g yg salah, hahaha rupanya lu cuma di cemplungin n oles doank yah ga disirem.

  3. >gua lebih suka manis daripada asin atau asam.gua pasti doyan liz semua masakan elo kok (maksudnya adalah : lain kali mau masak, undang gua kerumah elo yah)

  4. >Iya ni kyknya lumayan gampang.. walopun gw bakal mengacaukan bumbu2 yg diharuskan.. seperti kecap inggris, brown sugar, kaldu jamur, arak masak n cuka apel.. hahaha jadinya ayam madu aja d udah enak…:pNiwei pertanyaan gw yah.. itu bagian sayapnya dikemanain liz yg sebelah??? kan sayang kalo gak diikut sertakan juga.

  5. >@ Elisa iya g tambahin stepnya soalnya g suka bumbu yg ngeresep ke daging….n g juga doyan manis sih@ Selvi kan g dah undang ajak Brandon main thomas tapi…. ga yakin hari itu g masak hahaha@ Kar iya nih resepnya enak… thanx@ Patzie sebelahnya ada juga tp ga ikut kefoto soalnya dah beda ama resep hahaha tp tetep aja enak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s