RGC #9 Pho Bo

Standard

Wah tema menu kali ini bikin kita keliling dunia. Kali ini Resep Vietnam pilihan Debby, menu favorit nih. Pertama kali icip Pho di Resto sampe mikir kuah bening gitu kok bisa berasa yah?? Cari punya cari dapat resep dr Kartika jd cobain dah dan enak ternyata  Resepnya pakai kaldu ayam. Resep games kali ini pakai kaldu sapi tp sama enaknya.

Hasilnya masak sepanci, bagi2 ke temen semua blg enak. Makannya pakai jeruk nipis banyakkan dan pake cabe rawit potong. Meski pedes suami makan sampe 2 mangkok loh. Anak2 makan sama kuahnya sampe nambah 3x, duh sambil nulis sambil ngiler ngebayangin hehehe

Bahan Dasar :
500 gr kwetiau kering, rendam dengan air panas (kayanya enakkan yg basah)
200 gr daging sukiyaki
15 bh baso sapi urat (tambahan soalnya beli dagingnya dikit)

Bahan Utama :
150 gr toge
50 gr daun bawang
50 gr daun ketumbar/Wansui
3 butir jeruk nipis
Beberapa cabe rawit potong

Kaldu :
3000 ml air
100 gr tulang iga sapi
250 gr tulang kaki ayam (terpaksa pake ini soalnya beli iganya kurang)
4 buah bawah putih
3 potong kecil jahe
2 butir bawang bombay
3 sdm minyak goreng
3 potong kecil kayu manis
5 potong bunga lawang (pekak)
3 sdt garam
2 sdt lada halus
8 sdm kecap ikan (kalo krg tambah lagi)
4 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Rebus air dengan dengkul sapi (tulang ayam) hingga mendidih, kecilkan apinya, didihkan terus. Buang buih-
buih yang mengapung. Memarkan bawang putih dan jahe. Belah bawang bombay membujur, lalu iris tipis

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay hingga harum, masukkan kayu manis dan pekak, aduk. Masukkan ke dalam rebusan tulang.
Masak di atas api kecil hingga harum, angkat

3. Bubuhi garam, merica, kecap asin, dan gula pasir.
Masukkan daging dan baso sapi, panaskan diatas api kecil

4. Cara Penyajian, Taruh kwetiaw dan toge dalam mangkuk,
tuangi kuah panas berikut irisan daging dan baso sapi. Taburi daun bawang, daun ketumbar.

Sajikan panas dengan cabe rawit potong dan jeruk nipis.

Liza Marlina

6 responses »

  1. sedap neh liz… kenapa yah lebih enak kwetiaw buatan Indo (kwetiaw basah), mungkin karena lidah kita sudah biasa makan kwetiaw basah sini. Tp enak bener memang pake cabe rawit mantappp..

  2. enak yah lizzzz…..bener pake jeruk nipis ama cabe… trus gue tambahin daun kemangi liz soale pas gue makan di resto pho di sini dipakein daun kemangi, dan tambah sedeppp euyyy🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s