>Cue Card

Standard

>

Ternyata naik kelas 1 SD kesulitan makin banyak, apalagi kalau di TK dulu masih santai-santai. Baru masuk aja dah belajar tulis sambung, jadilah hasilnya kaya cacing kepanasan naik turun. Padahal pelajaran menulis sambung kayanya ga guna deh. Paling biar tulisannya jadi bagus aja.
Alhasil setiap malam anak2 dapat tambahan PR dari maminya, menulis indah, selain PR dari skull.

Sekarang hampir setiap malam kerjaan saya dan suami jadi mandor tutor anak2. Dan tantangan si kembar berasa lagi setelah 3 tahun, mengajar 2 anak dengan tingkat yg sama bener2 susah. Jadi mesti satu anak dipegang satu orang *memory balita-waktu menyapih anak* Semua anggota keluarga kebagian tugas, papi jd mandor PR Skull, mami jd tutor pelajaran yg kurang. Popo dan Kung2 jd tutor mandarin. Bener2 berat anak SD skrg dah belajar inggris, mandarin jg.

Belum lagi mengenalkan anak belajar hafalan yg bermakna. Soalnya kalo yg tidak bermakna, seperti main tebak2an mereka dah bisa, tp kalo disuruh hafal teori susahnya. Akhirnya suami punya ide buat cue card. Cue cardnya menganut sistem mind map. Semoga dengan adanya cue card ini pelajaran hafal menghafal lebih mudah. Anak2 jg sering pulang telat gara2 PS belum selesai..duhhhh *jambak2 rambut sendiri #kesal mode on#* tp anaknya ga berasa itu hukuman. Menurut dia PS hrs selesai dan bukan hukuman selama ditungguin Guru.

Selama 1 bulan di SD mami n papi dah mengalami stress berat teramat sangat *hiperbola* sampai2 saat tutor dah mau jedotin kepala. Psst tp jgn salah sangka yg dijedotin tuh kepala kita bukan kepala anak. Padahal dulu ada pengalaman jd guru privat, yg bisa sabar hadapin murid sesulit apapun. Yah itulah fakta yg sering didengar terkadang hadapin anak org akan lbh sabar drpd anak sendiri. Semoga masa stress ini cpt berlalu….

Btw selain cue card ini apa ibu2 lain ada yg punya ide lain untuk membantu anak cepat menghafal?
Liza Marlina

8 responses »

  1. >hahaha… sama liz… gizel aja yg playgroup skrg tiap 2 hari ud dpt Pr menulis…mana mood2an lagi nulisnya…N gw beliin buku laen dulu biar dia latihan sblm tulis di buku sekolahnya. Yg ada skrg dia malah gak mau bikin PR nya maunya bikin di buku yg gw beliin.. Hallah2…sorry *kok gw jadi curhat bukannya membantu lo* hehehe.. soalya gw blom sampe tahap itu neh

  2. >gua kirain sekarang udah gak ada pelajaran menulis sambung. ternyata masih ada ya… padahal emang sebenernya gak penting ya. nulis sambung gak sambung kan gak masalah ya…

  3. >liz, bedanya ngajar anak sendiri dengan anak :kita dapat gaji dari anak orang lain, hehehe jadi musti extra sabar. *pengalaman juga sebagai guru privat*.sekarang nemenin brandon belajar 1 jam aja susahnya minta ampun, dia suka males-malesan trus sengaja coret-coret bukunya. makan ati deh. iya anak jaman sekarang, anaknya yang sekolah emak dan bapaknya ikutan stress juga. cara gua bia anak cepat menghafal : lagi main pun suka gua tanyain atau gua bilangin misal bahasa inggrisnya apa. trus kalo menghafal puisi, yah gua ikutan menghafal jadi baca puisi bareng-bareng.

  4. >Ow, udah lama ga update ternyata lagi stress toh emaknya si kembar? hehehe ember ya, ngajar anak sendiri bisa bikin ga sabar. gua juga gitu. tapi gua liat dengan gua ga sabar n marah2, anaknya malah makin down. So gw rubah caranya dengan waktu dhea ga bisa gua berusaha ga keluarin kata2 yg bikin dia down, tapi encouragement. misal, ayo dea kamu pinter pasti bisa. coba lagi jangan nyerah dong. orang yg nyerah ga akan perna bisa, etc….etc….Tapi pernah juga emosi uda sampe ubun2, gua ngomong sendiri dalam hati..tahan, emosi merusak semua yg udah lu bangun. terus…terus… sampe redam sendiri… gitulah kira2 pengalaman gua. duh gua jadi sutris sendiri ngebayangin sd. oh no!!!

  5. >mang anak2 suseh ni.penyesuaian dl kali lis..cm mang parentsnya yg jadi repot..hehe..anak gue jg tu..baru TK aja Peer udh tiap hari..dulu pas KB jarang2 gt Peernya..jarang2 aja udh suseh suruh kerjain..skrg y gt lah..heheh..susah diatur lg..maunya kerjain cara dia :D…mungkin telaten aja kali y lama2 jg inget..hihi..en jgn pernah dmarahin or dsalahin nti dia malah jd benci lg ma pelajarannya😀

  6. >@Patzie kalo anak g dari tk ga ada pr Pat, jd ini bener2 baru. Hahaha si Gizel kocak jg yah demen corat coret.@Arman bener banget ga berguna, g jg sebel.@Selvi thanx tipsnya, iya itu jg yg g pake sih buat anak2 sofar kalo yg pendek2 dan gampang di mengerti dia bisa, tapi pas dah yg rumit2 ampun dah hehehe

  7. >@Eny bener banget lagi stress, hahaha sampe skrg sih g belum pernah marah besar ama mereka, tp yah itu saking nahannya jd pengen jedotin kepala sendiri hahaha@Yenny-Twin siap2 dah lu hahaha g dah bisa bayangin apa yg terjadi sama lu hahaha *bayangin Jojo yg dengan gaya diplomasi dan luna dengan gaya sok tau pada saat belajar*@Santi Thanx buat perhatiannya, tenang g tuh masih sabar hahaha dulu murid g malah ada yg lebih parah g tetep ga pernah marah… padahal org bilang muka g judes yah hahaha

Leave a Reply

