Brokus Coklat Perdana

Standard

Pertama kali coba nih brokus, dapat jatah dari temen baik. Tapi selalu cuma kebagian seicip, keburu dihabisin anak-anak. Padahal dibaginya dah lebih dari 1 x. Akhirnya sampai malam tahun baru pas pada ngumpul dibawain lagi, sekalian promosi opening bakul kuenya. Nah disitu baru dah cobain bener2 ternyata enak jg. Minta dah resepnya, yg katanya dah banyak beredar di Internet. Jadi saya ga tau sumber asli resepnya, tp yg pasti ini resep yg sudah beredar di kalangan bakul kue.

Dapat resep dah lama, tp ga berani coba soalnya, masih canggung soal kukus2 kue. Bikin bolu kukus mekar aja ga pernah, padahal itu yg paling dasar. Cuma penasaran jg akhirnya minggu kemaren di coba buat. Ternyata berhasil, hanya kebanyakkan coklat mesis jd kemanisan di bagian tengah. Next time ga usah pake kalo atasnya dah pake topping coklat jg. Btw penampakkan akhir kurang bagus, belum bisa hiasnya, n dah ga sabar jd panas2 dihias hasilnya lumer semua. Terus bagian permukaan masih kurang halus penampakkannya masih gembung ke atas, mesti coba lagi lain kali.

Resepnya

Brownies Kukus Hitam Manis
Bahan:
– 6 butir telur
– 225 gram gula pasir
– 1/2 sdt essence vanila
– garam sedikit
– ½ sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalet)
– 125 gram terigu protein sedang (misalnya Segitiga Biru)
– 50 gram coklat bubuk yg dark/hitam
– 175 ml minyak goreng
– 100 gram dark cooking chocolate, lelehkan
– Meisyes coklat untuk lapisan
– Buttercream atau unsalted butter yg dikocok sebentar untuk olesan
– Keju parut dan coklat serut untuk topping
Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
2. Lelehkan dark cooking coklat dan campur dg minyak goreng, aduk rata. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, & garam hingga mengembang & kental. Tambahkan essence vanila, aduk rata.
4. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit sambil diaduk rata (bisa pakai mixer kecepatan paling rendah atau pakai spatula karet saja). Pastikan seluruh tepung sudah tercampur rata.
5. Masukkan campuran dark cooking coklat leleh dg minyak goreng sedikit demi sedikit. Aduk rata dg spatula aja. Aduk balik sampai homogen.
6. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang persegi ukuran 22x22x7 cm yg telah dialas kertas roti dan dioles mentega tipis. Kukus 10 menit. Taburi meisyes coklat, kukus 3 menit agar meisyes meleleh. Tuang 1/2 sisa adonan lagi. Kukus sampai matang sekitar 20 menit.
7. Setelah matang (bisa diuji dg tusuk gigi bersih), segera keluarkan dari panci kukusan. Diamkan hingga agak dingin dan keluarkan dari loyang. Tunggu sampai dingin baru lepaskan kertas rotinya agar tidak merusak pinggiran cake.
8. Oles tipis dg buttercream/butter kocok, taburi dg keju parut dan coklat serut.

6 responses »

  1. Xuan doyan aja manis, tp biasanya gua ksh ga terlalu byk, tergantung sih, kalo homemade kan bisa atur gulanya, yg jajanan di spm yg mnrt gua kemanisan, spt snack bar…makanya gua ga pernah beliin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s