Task 2 – Cake Bread

Standard

Udah PR ke-2 pilihan KD. Baca resep rada2 jiper soalnya kayanya ruwet banget resepnya, step pembuatannya banyak banget. Tp namanya PR yah dicoba dibuat, dan ternyata makan waktu 2 hari, dari buat ngembangin rotinya sama bikin adonan cakenya. Waktu bikin hari pertama dah malam dan dah mau desperado soalnya pas tunggu mau ngembangin kok dah 1 jam ga ngembang2, akhirnya tambahin ragi lagi, eh malah ga nyampur, tambah air lagi, n tepung lagi. Alhasil adonannya kalis n lengket ga kaya waktu sesuai resep, duh rasanya dah mau nyerah aja. Sampai YM KD bilang kapok bikin resep kaya gini, tp akhirnya saya diemin aja dah karena dah malam n cape jg yah udah tuh adonan roti di simpen di lemari aja biar ngembang. Pas besok paginya liat tuh roti dah ngembang menuhin loyangnya hahaha seneng banget, lanjut dah bikin adonan cake yg jg ga kalah ribet. Tp hasilnya enak banget, apalagi cakenya lembut banget.

Dan lucunya saking dah jiper duluan lihat resep jd ga sadar kalo resep rotinya itu untuk 2 loyang loaf, untung sempet ngobrol ama KD n dikasih tau, makanya dibagi 2 loyang dah adonan rotinya, tp adonan cake benernya untuk 1 loaf. Cuma saya paksa di 2 loyang aja, karena dah pake ragi dobel makanya tuh roti tetep naik dan pas banget sama cakenya. Hanya saja rotinya kurang lembut, kurang sempurna. Karena dah jiper liat resep jadinya ga ada yg diubah semua ikut bahan dan cara di resep, kecuali penambahan ragi dan tepung yg sebenarnya ga perlu kalo diinepin semalam pasti naik adonannya. Dan dengan diinepin semalam adonan roti ngembang sempurna hasilnya kue dan roti jd kaya kue lapis surabaya dalam versi besar🙂

Resep asli diambil dari sini
Ingredients:
Roti :
180 gr tepung terigu protein tinggi
70 gr tepung terigu serbaguna
38 gr gula pasir
10 gr susu bubuk
5 gr ragi instan
3 gr garam
2 gr kopi instan
25 gr telur (± ½ btr telur) karena ga mau pusing pakai 1 butir telur
120 ml air
30 gr margarin

Cake :
150 gr mentega / margarin
120 gr gula bubuk
2 gr garam
160 gr kuning telur (± 8 kuning telur)
110 gr tepung terigu serbaguna
20 gr cokelat bubuk (untuk yang pandan diganti terigu)
240 gr putih telur (± 8 putih telur)
90 gr gula kastor
(pasta pandan untuk yang rasa pandan)

Taburan :
25 gr chocolate chips (saya pakai untuk yang coklat)
50 gr almond (saya pakai kacang mete untuk yang rasa pandan)

Directions:
1. Roti : Campur tepung, gula, susu, ragi, garam, dan kopi instan dalam mangkuk mikser, aduk sampai rata. Tambahkan telur, air, dan margarin, aduk lagi hingga adonan menjadi kalis. Diamkan adonan hingga mengembang selama 10 menit.

2. Timbang adonan masing-masing menjadi 200gr. Bulatkan dan diamkan lagi selama 10 menit. Kempiskan adonan dan bentuk bulat panjang. Taruh di dalam loyang loaf ukuran 25x10x12 cm yang telah dioleh margarin. Diamkan lagi selama 45 menit, sisihkan. (Aman di diamkan seharian biar ngembang sempurna)

3. Cake : Kocok margarin, gula bubuk, dan garam hingga membentuk krim yang berwarna putih. Masukkan kuning telur satu per satu. Tambahkan tepung dan cokelat bubuk yang sudah diayak sebelumnya. Kocok putih telur dan gula kastor hingga mengembang. Masukkan ke dalam adonan tepung, aduk rata.

4. Masukkan adonan cake ke dalam adonan roti yang telah mengembang. Taburkan chocolate chips dan almond, allu panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180º selama 25 menit hingga kue matang. Keluarkan dari oven, biarkan hingga dingin.

8 responses »

  1. ga sia2 deh lo bikin susah2 hasilnya kliatan wokeh . bgs tuh penampakan nya juga n poto nya keren dehg perna beli di Bali bakery apa tuh yah , bawahnya brownies atasnya roti yah semirip lo bikin enak juga tuh

  2. @Venyyyy sayang muacchhh kepala g makin gede dah Thanx yah tp kayanya g rada salah dah soalnya rotinya agak keras kurang empuk, kalo kuenya sih okehhh banget… Psst penampakkan foto bisa menipu kan hahaha

  3. @Kartika iya g ga kepikiran pake susu cair hahhaa pdhl dulu sering bikin roti tawar, kalo bread improver g ga mau pake kan intinya bikin rumahan biar sehat hehehe. Thanx yah sarannya

  4. @ching, benernya bisa sehari sih bikinnya, jd adonan roti pagi, sore baru adonan kue, adonan roti kaya bikin roti tawar biasa. Resepnya banyak yg puji loh hasilnya, lu kalo sempet boleh bikin lah, kalo tunggu g yg bikin mah keburu basi hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s